Tutorial HTML - Apa itu HTML? HTML bisa diartikan sebagai bahasa untuk mendeskripsikan halaman web. Dan berikut beberapa pengertian HTML kutipan dari w3cschools:

  • HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language

  • HTML adalah bahasa markup

  • Tag menggambarkan isi dokumen

  • Dokumen HTML berisi tag HTML dan teks biasa

  • Dokumen HTML juga disebut halaman web


Tutorial HTML


Dalam tutorial ini, Anda dapat menyalin kode ke notepad dan kemudian melihatnya dengan browser web. Kode ini disebut dengan HTML (Hyper Text Markup Language) dan notepad adalah editor teks yang umum digunakan pada PC Window. HTML mungkin tampak membingungkan pada awalnya, tapi artikel ini semoga dapat membantu Anda memahami cara kerjanya dalam tutorial langkah demi langkah bagaimana membuat halaman web Anda.


Membuat Halaman Web
Untuk memulainya, adalah dengan cara copy kode HTML berikut ke notepad atau teks editor lain. Pastikan untuk menyalin kodenya dengan tepat, supaya halaman web Anda akan berfungsi dengan benar.

01<html>
02 
03<head>
04<title>Judulnya</title>
05</head>
06 
07<body>
08 
09<h2>Isi Halaman webku!</h2>
10 
11</body>
12</html>

Kode di atas adalah semua yang diperlukan untuk membuat sebuah halaman web dasar. Sekarang simpan file Anda di notepad (jika Anda menggunakannya) dengan cara memilih Menu dan kemudian Simpan. Klik Save As dan pilih opsi All Files.
Ketika diminta untuk memasukan nama file Anda, ketik "index.html", tanpa tanda kutip. Periksa bahwa Anda melakukan semuanya dengan benar untuk mencegah terjadinya kesalahan dan kemudian tekan Save. Ingat dimana itu disimpan karena Anda akan perlu untuk membuka file itu suatu waktu nanti!

Melihat Halaman Web Anda dengan Browser Web
Untuk melihat halaman web Anda, Anda tentu saja harus menggunakan browser web. Browser web adalah program yang menginterpretasikan HTML, seperti apa yang baru saja dikopi ke notepad, dan mengubah kode yang menjadi representasi visual, atau halaman web. Browser web yang umum adalah:
  • Internet Explorer

  • FireFox

  • Opera

  • Netscape Navigator - R.I.P.


Melihat Halaman Anda
Untuk melihat halaman web Anda, Anda harus membuka file "index.html" dalam browser web. Bukalah jendela browser lain kemudian ikuti instruksi ini.
1. Masuk ke Windows Explorer
2. Sekarang arahkan ke lokasi file tersebut
3. Bila Anda menemukan file Anda, index.html, klik dua kali file tersebut untuk membukanya dalam browser web Anda
Sekarang Anda sudah berhasil membuat halaman web.

Tutorial HTML

Istilah-istilah dalam HTML
Tag - Tag terlihat seperti ini: <namatag>
Elemen - Sebuah tag lengkap, memiliki tag pembuka yaitu seperti <namatag> dan tag penutup yaitu seperti </namatag>.
Atribut - Digunakan untuk mengubah nilai dari elemen HTML. Elemen biasanya memiliki beberapa atribut.

Penulisan tag pada HTML tidak memperhatikan penggunaan huruf (case in-sensitive). Artinya, jika menggunakan huruf kecil ataupun huruf besar, semuanya akan menghasilkan tampilan yang sama.

Referensi:
- w3cshools.com
- tizag.com
dan berbagai situs lainnya.

0 KOMENTAR