Contoh Program Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan mikrokontroler atmega8535

Contoh Program Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan mikrokontroler atmega8535

Assalamu'alaikum w.w -  kawan-kawan semuanya, terima kasih sudah mau berkunjung ke halaman blog admin ini, semoga nantinya apa yang dibaca dan didapatkan bisa bermanfaat hendaknya, dan jangan lupa bantu juga kami untuk membagikan halaman blog ini ke facebook atau juga bisa ke twitter ya kawan-kawan.

Sekali lagi silahkan sebarkan like atau share dan juga tweet pada akun twitter anda, dan bila ada yang kurang paham dari yang saya jelaskan dibawah ini bisa anda berikan komentarnya lewat komentar facebook atau juga bisa lewat komentar akun google plus anda ya.
Mikrokontroler atmega8535 - Kawan-kawan apakah sudah tahu apa itu mikrokontroler atmega8535 ? mikrokontroler atmega8535 adalah kumpulan beberapa IC yang telah disatu padukan dalam sebuah chip yang bisa digunakan untuk keperluan mengontrol alat-alat elektronik lainnya.

Untuk itu mari kita simak bersama-sama pembahasan mengenai Contoh Program Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535 dibawah ini dengan baik dan seksama.

mikrokontroler atmega8535 sama dengan cpu tapi mikrokontroler atmega8535 bentuknya lebih kecil dari komputer biasa yang disebut dengan mikroprosesor atau komputer yang biasa digunakan orang banyak. Admin tentunya tidak akan membahas lebih rinci tentang teori mikrokontroler atmega8535 ini  tapi itu hanya sebagai pengantar saja.

Bagi kawan-kawan yang ingin lebih mendalami teori tentang mikrokontroler atmega8535, silahkan tunggu postingan berikutnya nanti. Semoga saja admin bisa selalu mengupdate blog ini mengenai pembahasan tentang mikrokontroler atmega8535.

Untuk itu kita akan fokus dulu ke pembelajaran mengenai Contoh Program Pada  Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535, karena pembelajaran ini sangat dibutuhkan seorang programmer untuk mengontrol alat-alat elektronik lainnya. Pada kesempatan ini admin akan mengimpelementasikannya untuk mengontrol LED atau lampu.

Contoh Program Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535

Apa-apa sajakah yang perlu diperhatikan sebelum membuat program untuk  Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535 ialah :
  • Laptop 
  • Sediakan chip Mikrokontroler atmega8535 kalau harga biasanya harga pasar sekitar paling mahal Rp.75.000 hingga Rp.100.000 tergantung dari kualitas mikrokontrolernya.
  • Siapkan juga Modul untuk uji coba mengontrol led, atau bisa juga disediakan usb sistem minimum.
  • Kabel-kabel untuk setiap port misalnya Port A, B, C atau D.
Langkah-langkah pembuatan program untuk Mikrokontroler atmega8535 menggunakan bahasa C atau C++. Silahkan lihat contoh kasus sederhana pada pembahasan dibawah ini.

Contoh Soal :
Jadikanlah port A sebagai input dan port B sebagai output dan hidupkan LED Merah dari kanan ke kiri sebanyak 3 kali! 
 Jawab :

#include <mega 8535.h>
#include <delay.h>
int i;
void main ()
{
DDRA=0x00;//sebagai input
DDRB=0xff;//sebagai output
while(1)
{
for(i=0;  i<4;  i++)//proses perulangan 3x karena kecil dari < 4
PORTA=0x01;
delay_ms(100);
PORTA=0x02;
delay_ms(100);
PORTA=0x04;
delay_ms(100);
PORTA=0x08;
delay_ms(100);
PORTA=0x10;
delay_ms(100);
PORTA=0x20;
delay_ms(100);
PORTA=0x40;
delay_ms(100);
PORTA=0x80;
delay_ms(100);
}
}

Baiklah, itulah contoh program bahasa C++ untuk mengontrol led dengan mudah, mudah-mudahan saja bisa memberikan manfaat pada postingan Contoh Program Pada  Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535.

Kita akan membahas kembali nanti pada postingan berikutnya pada pemograman lanjutan lebih mendalam lagi pembahasan tentang mikrokontroler ini. Sebab pada postingan ini hanyalah sebagai program sederhana saja untuk mengontrol pada pin-pin yang ada pada mikrokontroler atmega 8535 ini.

Sebenarnya implementasi pada led ini juga bisa digunakan untuk alat-alat elektronik lainnya seperti pada pengontrolan gerak kipas angin, gerak robot, pintu otomatis dan elektronik lain-lainnya yang bisa di kontrol dan dikendalikan. Sebab pada led ini sebagai contoh sederhana saja supaya lebih mudah dimengerti.

Sekian dulu pembahasan mengenai Contoh Program Pada  Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535, jika ada kawan-kawan yang lebih familiar maka silahkanlah untuk memberikan masukan ke halaman ini dan berkomentar pada kotak komentar facebook dan google plus yang telah admin sediakan dibawah ini tentang Contoh Program Bahasa C++ Untuk Menghidupkan LED Menggunakan Mikrokontroler atmega8535.
Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung halaman pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2015-2016 ini, dan sekiriny bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2015-2016 ini.

0 KOMENTAR