Pertanyaan Sistem Informasi Manajemen
1. Bagaimanakah penerapan sistem informasi dalam manajemen pada suatu organisasi? Jelaskan dengan contoh kasus!
2.
Apa yang dimaksud dengan manajemen kinerja bisnis? Bagaimana
aplikasi manajemen kinerja bisnis tersebut dalam suatu organisasi?
3. Bagaimana aplikasi supply chain management dan customer relationship management di pondok pesantren? Jelaskan!
4. Kapan dan di mana dibutuhkan adanya suatu sistem pendukung keputusan? Jelaskan dengan contoh kasus!
5.
Bagaimana peranan teknologi informasi khusunya sistem
informasi dalam manajemen perkantoran modern? Jelaskan dengan contoh
kasus!
Jawaban :
1) Aliran informasi diatur dan
diarahkan dalam suatu sistem informasi. Sistem informasi berperan dalam
proses pengambilan keputusan operasional harian sampai perencanaan
jangka panjang. Ini berarti SI bersifat modifikatif terhadap kebutuhan
organisasi. Komponen prosedur dalam SI berkaitan dengan prosedur manual
dan prosedur berbasis komputer serta standar untuk mengolah data menjadi
informasi yang berguna. Suatu prosedur adalah urutan langkah yang
Sebagai contoh sistem yang umumnya ada dalam suatu organisasi adalah
sistem penggajian, personalia, akuntansi, dan gudang. Data mengalir dari
bermacam sumber seperti : konsumen yang membeli produk atau layanan,
penjual yang menyediakan barang, bank, agen pemerintah, dan agen
asuransi.
Contoh kasus: Sistem informasi dalam Ekonomi Global pada
Boehringer Ingelheim Jerman. Boehringer Ingelhiem adalah satu dari 20
perusahaan farmasi terbesar di dunia. Dengan pendapatan US$7.6 juta dan
32.000 pegawai di 60 negara, perusahaan ini memiliki beberapa segmen
seperti manufaktur dan pemasaran obat, produk industri dan produk
kesehatan hewan. Dengan ukuran yang begitu besar manajemen merasakan
kesulitan untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang mengalir.
Makin besar perusahaan, makin lambat aliran informasi. Manajer tingkat
atas mengambil keputusan untuk menerapkan sistem informasi dari SAP,
perusahaan software perusahaan besar. Diperlukan 14 bulan untuk
menerapkan Pengantar Teknologi Informasi Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS
sistem baru dan melatih para staff menggunakan sistem tersebut. Pada
akhirnya investasi sistem informasi ini berbuah baik. Software tersebut
menyediakan sistem standar yang digunakan oleh semua segmen bisnis
Boehringer dan informasi disajikan melalui web yang dapat diakses
kapanpun dan dimanapun. Dengan sistem, Boehringer mampu menyediakan
laporan bulanan dalam waktu 2 jam tiap bulannya. Sistem tersebut juga
memudahkan bagian keuangan untuk melihat produktifitas dan update
laporan setiap kali dibutuhkan. Pemanfaatan sistem informasi tidak
sampai disitu saja. Boehringer menyediakan sistem informasi bergerak
untuk 1/3 pekerjanya yang bekerja di luar kantor. Dengan sistem
informasi tersebut, informasi penjualan terkini dapat diakses dan
diperbarui dimanapun.
2) Yaitu setiap proses manajemen yang baik
dalam rangka menghasilkan barang atau jasa yang mempunyai kualitas
tinggi dengan harga yang wajar dan mampu bersaing.
Aplikasinya yaitu
perusahaan harus mempunyai daya saing yang tinggi akan produknya,
sehingga mampu bersaing dengan produk lainnya, dan untuk mampu bersaing
perusahaan harus efisien. Oleh karena itu, maka untuk meningkatkan daya
saing global perusahaan, perlu menerapkan Total Quality Management
(TQM), karena dengan dipraktekkannya TQM maka diharapkan akan mempunyai
dampak positif terhadap kinerja bisnis perusahaan (Samson dan
Terziovski, 1999).
3. Supply Chain management dan Customer
Relationship Management pondok yaitu peran aktifnya beberapa lembaga
yang ada di ingkungan pondok pesantren pertama mulai dari penerimaan
santri baru setelah masuk pondok santri tersebut diproses. Proses
tersebut mulai dari sekolah-sekolah madrasah dan umum,
pengajian-pengjian, hingga- pelatihan-pelatiahan sehingga nantinya
diperoleh kualitas santri yang bagus dan juga hubungan antar
lembaga-lembaga di lingkugan pondok pesantren yang bertujuan mendidik
santri dalam pengembangan segi keilmuan mereka.
4.
Dimanapun dan kapanpun sistem pendukung keputusan itu dilaksanakan
senyampang dalam organisasi atau lembga yang bersangkutan mempunyai
struktur organisasi dan dikukung oleh perangkat informasi yang jelas.
Contoh
kasus bagian keamanan yaitu apabila terjadi suatu masalah atau
pelanggaran yang dilakukan santri di dalam lingkungan pondok dan menemui
kendala-kendala, biasanya pengambilan keputusan yang diambil oleh
bagian kemanan adalah melihat pelanggaran yang dilakukan oleh santri.
Dan proses pengambilan keputusan itu adalah dengan cara melakukan
interogasi kepada santri, dari itu kemanan dapat mengambil sebuah
keputusan yang diambil dalam undang-undang yang terdapat di pondok
pesantren dan pengambilan keputusan tersebut terbaik untuk semua pihak.
5.
Peranan teknologi informasi bagi dalam manejemen perkantoran
modern sangatlah penting karena sangat berpengaruh dalam memproses suatu
sistem informasi. Sistem informasi membantu organisasi mengolah data
tersebut menjadi informasi yang lengkap dan berguna.
Contoh kasus
Misalnya
sistem informasi manajemen di podok pesantren salafiyah syafi’iyah yang
berfungsi sebagai berkas-berkas data. Mulai pemberkasan inventarisasi
lembaga-lembaga di lingkungan pondok, sirkulasi keuangan pondok dan
banyak lagi yang lainnya yang gunanya untuk memunculkan kembali
inormasi-informasi yang dibutuhkan pada saat itu juga.
- Home
- No Label
- sistem informasi manajemen
sistem informasi manajemen
Bagikan Postingan Ini
Masukan Email Anda Disini
Dapatkan pemberitahuan menarik lainnya dari kami