STRING PADA VISUAL BASIC.net(Catatanku)

 

Visual basic menyediakan beberapa fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengolah nilai string. Karena fungsi pengolah string yang dimiliki VB sangat banyak, disini hanya akan dibahas tentang beberapa fungsi string saja yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

· Length

Fungsi length berguna untuk menghitung jumlah karakter. Fungsi ini dapat menghitung jumlah karakter dalam variabel untuk kemudian disimpan dalam variabel jumlah. Fungsi Length akan mengembalikan hasilnya dalam format angka, sehingga kita harus menyimpannya dalam tipe data berjenis angka juga seperti dalam contoh berikut yang memiliki tipe data integer. Misalnya:

Kata = “Visual Basic 2008”

Jumlah = Length (kata)

‘ jumlah : 17 karakter

· ToUpper dan ToLower

Fungsi ToUpper digunakan untuk mengubah string menjadi huruf besar (Upper Case). Sedangkan fungsi ToLower digunakan untuk mengubah string menjadi huruf kecil (Lower Case). Misal:

Dim myName As String = “Visual Basic”

txtTampil.Text = myName.ToUpper()

maka hasil yang akan ditampilkan pada textbox adalah VISUAL BASIC

· Left (x, n) : mengambil n karakter di sebelah kiri suatu string

s = Microsoft.VisualBasic.Left(“Aku Bisa”,3)  ‘nilai s = “Aku”

· Right (x, n) : mengambil n karakter di sebelah kanan suatu string

s = Microsoft.VisualBasic.Right(“Aku Bisa”,3)  ‘nilai s = “isa”

· Trim (x): menghilangkan spasi kosong di awal dan akhir suatu string

s = Trim(“ Aku Bisa ”)  ‘nilai s = “Aku Bisa”

· Ltrim (x) : menghilangkan spasi kosong di awal suatu string

s = Ltrim(“ Aku Bisa ”)  ‘nilai s = “Aku Bisa  ”

· Rtrim(x) : menghilangkan spasi kosong di akhir suatu string

s = Rtrim(“ Aku Bisa ”)  ‘nilai s = “  Aku Bisa”

· Space(n) , digunakan untuk membuat karakter spasi sebanyak n. Contoh:

s = Space(10) , maka nilai s adalah "  "

· Mid(x,m,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari karakter ke m sebanyak n. Contoh:

s = Mid("Aku Bisa", 2, 2)  ‘maka nilai s adalah "ku"

· Replace : mengganti karakter tertentu dengan sebuah karakter lain

Nilai  awal = “Any String”

Nilai  akhir =  Replace (nilai awal,“string yang akan diganti”, “string pengganti”)

· InStr(x,n) , digunakan untuk mengetahui posisi karakter n didalam string x.

s = InStr("Aku Bisa", "u")  ‘maka nilai s adalah 3

· Split(x,n)(i) , digunakan untuk memecah string x berdasarkan karakter n dengan penomoran i.

s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(0)

maka nilai s adalah "Kuda"

s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(1)

maka nilai s adalah "Kerbau"

s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(4)

maka nilai s adalah "Macan"

· SubString  : memotong string dari karakter ke-n sebanyak n. Misalnya:

Dim myName As String = “Visual Basic”

txtTampil.Text = myName.Substring(1,7)

maka akan tampil kata “Basic” pada textbox.

· LCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi kecil semua. Contoh:

s = LCase("Aku Bisa"), maka nilai s adalah "aku bisa"

· UCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi besar semua. Contoh: s = LCase("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "AKU BISA"

· Len(x) , digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari string x. Contoh:
s = Len("Aku Bisa") , maka nilai s adalah 8.

· String(n,x) , digunakan untuk membuat karakter x sebanyak n. Contoh:
VB 6.0,  s = String(10, "A") VB .NET, s = New String("A", 10) maka nilai s adalah "AAAAAAAAAA"

· Space(n) , digunakan untuk membuat karakter spasi sebanyak n. Contoh:
s = Space(10) , maka nilai s adalah "          "

· Asc(x) , digunakan untuk mengetahui nilai ASCII dari karakter x. Contoh:
s = Asc("A") , maka nilai s adalah 65

· Chr(x) , digunakan untuk mengetahui karakter dari nilai ASCII x. Contoh:
s = Chr(65) , maka nilai s adalah "A"

· InStr(x,n) , digunakan untuk mengetahui posisi karakter n didalam string x. Contoh:s = InStr("Aku Bisa", "u") , maka nilai s adalah 3

· StrComp(x,y,n) , digunakan untuk membandingkan string x dan string y berdasarkan n. Jika n bernilai 0 maka akan dibandingkan secara case-sensitive, sedangkan jika n bernilai 1 maka akan dibandingkan secara biasa. Contoh:
s = StrComp("Aku", "aku", 0) , maka nilai s adalah -1
s = StrComp("Aku", "aku", 1) , maka nilai s adalah 0
Khusus untuk fungsi ini, jika menghasilkan nilai 0 maka dianggap sebagai True, dan jika menghasilkan nilai selain 0 maka dianggap False.

· StrConv(x,n) , digunakan untuk mengubah huruf dalam string x berdasarkan nilai n. Contoh: s = StrConv("Aku Bisa", 1) , maka nilai s adalah "AKU BISA" s = StrConv("Aku Bisa", 2) , maka nilai s adalah "aku bisa" s = StrConv("aku bisa", 3) , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

· StrReverse(x) , digunakan untuk membalikkan posisi huruf dalam string x. Contoh:
s = StrReverse("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "asiB ukA"

· Split(x,n)(i) , digunakan untuk memecah string x berdasarkan karakter n dengan penomoran i. Contoh: s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(0) , maka nilai s adalah "Kuda"

s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(1) , maka nilai s adalah "Kerbau"

s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(4) , maka nilai s adalah "Macan"

· Join(x,n) , digunakan untuk menggabungkan rangkain string x yang dihubungkan dengan string n. Contoh: VB6, s = Join(Array("Hani", "Indah", "Budi", "Herman"), " & ") VB.NET, s = Join(New Object() {"Hani", "Indah", "Budi", "Herman"}, " & ") maka nilai s adalah "Hani & Indah & Budi & Herman"

Fungsi-fungsi diatas juga dapat djadikan fungsi lain diantaranya adalah :

1. Mengecek keberadaan string dalam string. Misalnya Anda ingin memeriksa ada tidaknya string "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :

If CBool(InStr("anda berhasil", "a")) Then

'jika ada

Else

'jika tidak ada

End If

2. Menghitung karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung karakter "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :

t = "anda berhasil"

s = Len(t) - Len(Replace(t, "a", ""))

maka nilai s adalah 3

3. Menghitung jumlah kata dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung jumlah kata dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :

s = UBound(Split("anda berhasil", " ")) + 1

maka nilai s adalah 2

4. Menghilangkan karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghilangkan karakter "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :

s = Replace("anda berhasil", "a", "")

maka nilai s adalah "nd berhsil"

5. Mengisi variabel array dinamis dengan string. Contoh kodenya sebagai berikut :

Dim Binatang() As String

Binatang = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")

maka variabel Binatang memiliki 5 index (0-4) dengan rincian:

nilai Binatang(0) = "Kuda"

nilai Binatang(1) = "Kerbau"

nilai Binatang(2) = "Sapi"

nilai Binatang(3) = "Kambing"

nilai Binatang(4) = "Macan"

CATATAN : Dalam beberaa fungsi string, terdapat optional property 'CompareMethod'. Bila properti ini bernilai Binary, maka fungsi tersebuat melakukan metode case-sensitive terhadap string. Sedangkan bila bernilai Text, maka fungsi tersebuat tidak melakukan metode case-sensitive.

0 KOMENTAR