Sharing Internet Dari Laptop / PC ke Android

Sharing Internet Dari Laptop / PC ke Android

Android tidak dapat memindai adhoc yang di buat dengan window terutama dengan windows 7 dan 8 itu bukan masalah anda saja, banyak orang yang mempertanyakan itu, karena hal itulah saya tertarik untuk membuat postingan ini.
Sebelum kita berangkat menuju ke langkah-langkahnya sebaiknya saya perjelas dahulu apa yang sedang/akan kita buat ini, dulu saya pernah membahas mengenai bagaimana membuat Android sebagai  wifi hotspot di SINI , yang artinya dalam postingan tersebut koneksi internetnya menggunakan  Android, Nah bagai mana jika sebaliknya? kita ingin men-sharing internet yang ada di komputer / laptop / PC (misalkan dari modem USB) untuk digunakan di android, itu lah yang saya sebut dengan Membuat Laptop atau PC sebagai Hotspot.
Ada dua cara yang bisa anda tempuh untuk Sharing internet dari Laptop / PC ke android. anda boleh menggunakan salah satu, cara-cara tersebut saya bagi menjadi 2 kelompok / sub judul,  yakni
  1. Cara Sharing internet window pc / laptop ke android Tanpa Shoftware
  2. Cara Sharing internet window pc /  laptop ke android menggunakan software.

Cara Sharing Internet Window Komputer ke Android Tanpa Software.

Maksudnya “tanpa software” tentu bukan benar-benar tanpa software secara harfiah,  tapi maksudnya tanpa software tambahan yang perlu kita tambahkan di windows,
  1. Buka CMD dan jalankan dengan Run Administrator Kemudian paste text berikut ini
    netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaHotspot key=PASSWORD
    

  2. Kemudian ketik perintah ini untuk men-Start hostednetowk 
      netsh wlan start hostednetwork
  3. Dan perintah berikut ini untuk menstop
    netsh wlan stop hostednetwork
  4. Untuk mempermudah penggunaan nantinya anda bisa membuat sebuah shortcut di desktop untuk men -start dan menyetop  wifi tersebut, caranya klik kanan di desktop dan arahkan menuju New – AddShortcut
    start hostednetwork.png
    Klik next dan beri nama misalkan Start Hostpot ku, selanjutnya buat dengan langkah yang sama dan paste code nomor 3 untuk membut shortcut untuk menyetop hostpot.

Cara Sharing Internet Window Komputer ke Android Menggunakan  Software

Jika anda tidak ingin ribet dengan cara tanpa software anda bisa menggunakan software  VirtualRouter di window, aplikasi ini freeware dan opensource, anda bisa mendapatkannya secara legal dan gratis di sini:
http://virtualrouter.codeplex.com/
langkah-langkahnya:
  1. Setelah anda mengunduh aplikasi VirtualRouter, anda akan mendaptkan file VirtualRouterInstaller.msi install file tersebut ikuti prosedurnya sampai selesai.
  2. Buka aplikasi VirtualRouter dan anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:
    virtualrouter.png
    Masukan 8 huruf atau angka di kolom password, pilih Shared Connection (Koneksi yang ingin di share), kemudian start Virtual Router,,
  3. Jika anda mengalami masalah ”
    The group or resource is not in the correct state ” buka CMD dan ketik
    netsh wlan set hostednetwork mode=allow

Jika anda sudah melakukan baik itu cara pertama maupun cara kedua, (tergantung anda pilih yang mana) sekarang anda bisa mencoba pencarian hostpot di Android anda, masuk ke menu pengaturan dan klik pengaturan hospot, cara hospot yang baru saja anda buat dan maskukan password yang sesuai..
Sekian cara Sharing internet dari laptop atau komputer ke android,, semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kekurangannya, kurang jelas atau ada kekeliruan. Wassalam.

0 KOMENTAR